Pengertian, Fungsi, Dan Contoh Media Bahan Manipulatif

Ditulis oleh:
Pengertian, Fungsi, Dan Contoh Media Bahan Manipulatif


A. Pengertian Bahan Manipulatif
Gatot Muhsetyo, dkk (2007: 2. 31) mendefinisikan bahwa “Bahan manipulatif adalah bahan yang dapat dimanipulasikan dengan tangan, diputar, dipegang, dibalik, dipindah, diatur atau ditata atau dipotong-potong”. Dari pendapat tersebut dapat dipahami bahwa bahan manipulalatif yaitu bahan yang dapat dimain-mainkan dengan tangan. Alat ini terkait langsung dan bagian dari penjelasan konsep uraian-uraian materi yang disampaikan.

B. Fungsi Bahan Manipulatif
Bahan manipulatif berfungsi untuk menyederhanakan konsep-konsep yang sulit atau sukar, menyajikan bahan yang relatif abstrak menjadi lebih nyata, menjelaskan pengertian atau konsep secara lebih konkrit, menjelaskan sifat-sifat tertentu yang terkait dengan pengerjaan hitung dan sifat-sifat bangun geometri, serta memperlihatkan fakta-fakta (Gatot Muhsetyo, dkk, 2007: 2. 20).

C. Contoh Bahan Manipulatif
Contoh bahan manipulatif, jenisnya kertas, karton, kelereng, kerikil, manik-manik, buku, pensil, butiran, kayu, kawat, lidi atu bungkus makanan (Gatot Muhsetyo, dkk, 2007: 4. 21).
a) Bahan Manipulatif dari Kertas
Bahan kertas ini mudah diperoleh dengan warna yang beragam, dari kertas manila yang dibeli di toko atau dari bekas berbagai sampul tak terpakai, dari karton pembungkus makanan atau minuman.
“Manfaat dari bahan manipulatif kertas atau karton ini antara lain untuk menjelaskan pecahan (Gatot Muhsetyo, dkk, 2007: 2.21)”. Konsep pecahan m/n senaga m bagian dari n bagian yang sama, dapat didemonstrasikan guru, atau dipraktekkan siswa, dengan menggunakan berbagai bangun geometri, misalnya persegi, persegi panjang, jajarangenjang, belah ketupat, segitiga, lingkaran, dll.
b) Bahan Manipulatif dari Kayu
Bahan dari kayu ini dapat dihias dengan berbagai warna yang menarik untuk menjelaskan konsep numeral, kesamaan bilangan, dan operasi bilangan bulat.
c) Bahan Manipulatif dari Lidi
Pecahan dapat dimanipulasikan dengan lidi dengan warna yang menarik digunakan untuk menjelaskan konsep satuan, puluhan, ratusan untuk siswa SD kelas rendah.
d) Bahan Maniplatif dari Kertas Bertitik atau Berpetak
Kertas bertitik dapat bersifat persegi atau bersifat isometri. Model ini dapat digunakan untuk menjelaskan banyak hal yang terkait dengan geometri. Menjelaskan bangun datar dan sifat-sifatnya, hubungan antar bangun datar  dan luas bangun datar.


Sekian artikel mengenai Pengertian, Fungsi, Dan Contoh Media Bahan Manipulatif.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Pengertian, Fungsi, Dan Contoh Media Bahan Manipulatif
Ditulis Oleh: Ladida
Untuk artikel lainnya silahkan lihat di Daftar Isi.
0 komentar "Pengertian, Fungsi, Dan Contoh Media Bahan Manipulatif", Baca atau Masukkan Komentar
Posting Komentar