Pengertian, Prinsip Pemilihan, Dan Jenis Media Pengajaran

Ditulis oleh:
Pengertian, Prinsip Pemilihan, Dan Jenis Media Pengajaran


A. Pengertian Media Pengajaran
Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari medium. Secara harfiah, media diartikan sebagai perantara pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan (Sadiman, dkk, 2002: 6). 
  Briggs (dalam Mulyani Sumantri dan H. Johar Permana, 2001: 152) menyatakan bahwa “Media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta perangsang peserta didik untuk belajar”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian media yaitu alat pembantu untuk menyampaikan pesan pada orang lain.
Gagne dan Raiser (dalam Mulyani Sumantri dan H. Johar Permana, 2001: 152) mendefinisikan bahwa “Media pengajaran sebagai alat-alat fisik dimana pesan-pesan intruksional dikomunikasikan”. Gatot Muhsetyo, dkk (2007: 2.1) mengemukakan bahwa “Media pembelajaran adalah alat bantu pembelajaran yang digunakan untuk menampilkan, mempresentasikan, menyajikan, menjelaskan bahan pelajaran kepada peserta didik”. Dinje Borman Rumumpuk (dalam Mulyani Sumantri dan H. Johar Permana, 2001: 152) mendefinisikan bahwa “Media pengajaran sebagai setiap alat, baik hardware maupun software yang dipergunakan sebagai media komunikasi dan yang ditujunya untuk menigkatkan efektivitas proses belajar mengajar”.
Dari definisi-definisi media pengajaran yang dikemukakan di atas, dapat dipelajari bahwa media pengajaran adalah segala alat pengajaran yang digunakan guru sebagai perantara untuk menyampaikan bahan-bahan intruksional dalam proses belajar-mengajar sehingga memudahkan pencapaian tujuan pengajaran tersebut dan meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.

B. Prinsip-Prinsip Pemilihan Suatu Media
Mulyani Sumantri dan H. Johar Permana (2001: 156) menyebutkan prinsip-prinsip pemilihan media yaitu: 
a) Memilih media harus berdasarkan pada tujuan pengajaran dan bahan pengajaran yang akan disampaikan;
b) Memilih media harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik;
c) Memilih media harus disesuaikan dengan kemampuan guru, baik dalam pengadaannyqa mupun penggunaannya;
d) Memilih media harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi atau pada waktu, tempat dan situasi yang tepat;
e) Memilih media harus memahami karakteristik dari media itu sendiri.

C. Jenis Media Pengajaran
Sri Anita Wiryawan dan Noor Hadi (dalam Mulyani Sumantri dan H. Johar Permana, 2001: 157-158) mengklasifikasikan media menjadi:
a) Media Visual, yaitu yang dapat ditangkap dengan indera penglihatan
b) Media Audio, yaitu jenis media yang didengar
c) Media Audio-visual, yaitu media yang tidak hanya dapat dipandang atau diamati tetapi juga dapat didengar
d) benda Asli dan Orang, yaitu benda yang sebenarnya, media yang membantu pengalam nyata peserta didik.


Sekian artikel mengenai Pengertian, Prinsip Pemilihan, Dan Jenis Media Pengajaran.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Pengertian, Prinsip Pemilihan, Dan Jenis Media Pengajaran
Ditulis Oleh: Ladida
Untuk artikel lainnya silahkan lihat di Daftar Isi.
0 komentar "Pengertian, Prinsip Pemilihan, Dan Jenis Media Pengajaran", Baca atau Masukkan Komentar
Posting Komentar