Pengertian Dan Langkah Model Pembelajaran Melalui Pengalaman (Experiential Learning)

Ditulis oleh:
Pengertian Dan Langkah Model Pembelajaran Melalui Pengalaman (Experiential Learning)


Konsep Model Pembelajaran Melalui Pengalaman
Model pembelajaran experiential learning disusun dan dilaksanakan dengan berangkat dari hal-hal yang dimiliki oleh siswa. Prinsip inipun berkaitan dengan pengalaman di dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan serta dalam cara-cara belajar yang biasa dilakukan oleh siswa. Seperti halnya model pembelajaran lainnya, dalam menerapkan model experiential learning guru harus memperbaiki prosedur agar pembelajarannya berjalan dengan baik.

Langkah-langkah Model Pembelajaran Melalui Pengalamana):
  1. Guru merumuskan secara seksama suatu rencana pegalaman belajar yang bersifat terbuka (open minded) mengenai hasil yang potensial atau memiliki seperangkat hasil-hasil tertentu.
  2. Guru harus bisa memberikan rangsangan dan motivasi pengenalan terhadap pengalaman.
  3. Siswa dapat bekerja secara individual atau bekerja dalam kelompok-kelompok kecil/keseluruhan kelompok di dalam belajar berdasarkan pengalaman.
  4. Para siswa di tempatkan pada situasi-situasi nyata, maksudnya siswa mampu memecahkan masalah dan bukan dalam situasi pengganti.
  5. Siswa aktif berpartisipasi di dalam pengalaman yang tersedia,membuat keputusan sendiri, menerima konsekuensi berdasarkan keputusan tersebut.
  6. Keseluruhan kelas menyajikan pengalaman yang telah dituangkan ke dalam tulisan sehubungan dengan mata pelajaran tersebut untuk memperluas pengalaman belajar dan pemahaman siswa dalam melaksanakan pertemuan yang nantinya akan membahas bermacam-macam pengalaman tersebut.

Sekian artikel mengenai Pengertian Dan Langkah Model Pembelajaran Melalui Pengalaman (Experiential Learning).

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Pengertian Dan Langkah Model Pembelajaran Melalui Pengalaman (Experiential Learning)
Ditulis Oleh: Ladida
Untuk artikel lainnya silahkan lihat di Daftar Isi.
0 komentar "Pengertian Dan Langkah Model Pembelajaran Melalui Pengalaman (Experiential Learning)", Baca atau Masukkan Komentar
Posting Komentar