Pengertian Dan Langkah Model Pembelajaran Kontekstual (CTL)

Ditulis oleh:
Pengertian Dan Langkah Model Pembelajaran Kontekstual (CTL)


Konsep Model Pembelajaran Kontekstual:
Pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang dimulai dengan sajian atau tanya jawab lisan (ramah, terbuka, negosiasi) yang terkait dengan dunia nyata kehidupan siswa (daily life modeling), sehingga akan terasa manfaat dari materi yang akan disajkan, motivasi belajar muncul, dunia pikiran siswa menjadi konkret, dan suasana menjadi kondusif, nyaman, dan menyenangkan. Prinsip pembelajaran kontekstual adalah aktivitas siswa, siswa melakukan dan mengalami, tidak hanya menonton dan mencatat, dan pengembangan kemampuan sosialisasi.

Langkah-langkah Model Pembelajaran Kontekstual:
  1. Kembangkan pemikiran anak belajar menemukan sendiri dan mengkonstruksi pemikiran sendiri
  2. Inkuiri semua topik.
  3. Kembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya.
  4. Ciptakan masyarakat belajar
  5. Hadirkan model sebagai contoh pembelajaran.
  6. Refleksi di akhir pertemuan.
  7. Penilaian yang sebenarnya.

Sekian artikel mengenai Pengertian Dan Langkah Model Pembelajaran Kontekstual (CTL).

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Pengertian Dan Langkah Model Pembelajaran Kontekstual (CTL)
Ditulis Oleh: Ladida
Untuk artikel lainnya silahkan lihat di Daftar Isi.
0 komentar "Pengertian Dan Langkah Model Pembelajaran Kontekstual (CTL)", Baca atau Masukkan Komentar
Posting Komentar