Teknik Pemilihan Media Pembelajaran

Ditulis oleh:
Teknik Pemilihan Media Pembelajaran


1. Pemilihan media pembelajaran
Pemilihan dan penggunaan media pembelajaran harus melibatkan tenaga yang mampu,terampil,dan profesional untuk memanfatakan disetiap lembaga pendidikan.Biaya yang dibutuhkan juga harus tersedia dan terjangkau oleh suatu lembaga yang bersangkutan.

Heinich dan kawan-kawan (1982) megajukan model perencanaan penggunaan media efektif yang dikenal dengan istilah ASSURE.Model ini menyarankan enam kegiatan utama dalam perancanaan pembelajaran yaitu:

a.       Menganalisis karakteristik umum kelompok sasaran,apakah mereka siswa lanjutan atau perguruan tinggi.
b.      Menyatakan atau merumuskan tujuan pembelajaran,yaitu prilku atau kemampuan baru apa yang diharapkan siswa miliki dan kuasai setelah proses belajar mengajar selesai.
c.       Memilih,memodifikasi,atau merancang dan mengembangkan materi dan media yang tepat.
d.      Merupakan materi dan media,Setelah memilih materi dan media yang tepat,diperlukan persiapan bagaimana dan berapa banyak waktu diperlukan untuk menggunakannya.
e.       Meminta tanggapan dari siswa.Guru sebaiknya mendorong siswa untuk memberikan respons dan umpan balik mengenai keefektifan proses belajar.
f.       Mengevaluasi proses belajar.Tujuannya untuk mengetauhi tingkat penvapaian siswa mengenai tujuan pembelajaran,keefektifan media,pendekatan,dan guru sendiri.

Dalam penggunaan media pembelajaran harus ada penjelasan mengenai maksud dan tujuan pemilihan media pembelajaran.Hal yang harus diperhatikan adalah familiaritas media,yaitu mengenal ciri-ciri dan sifat-sifat media pembelajaran yang akan dipilih.


Sekian artikel mengenai Teknik Pemilihan Media Pembelajaran.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Teknik Pemilihan Media Pembelajaran
Ditulis Oleh: Ladida
Untuk artikel lainnya silahkan lihat di Daftar Isi.
0 komentar "Teknik Pemilihan Media Pembelajaran", Baca atau Masukkan Komentar
Posting Komentar